Nutrisi yang Wajib Dipenuhi Ibu Hamil agar Bayi Sehat

 

sayuran. FOTO/Pixabay

makanan bergizi. FOTO/Pixabay

Ketika sedang hamil Ibu sering berfikir dan mempertimbangkan asupan makanan yang dimakan sudah cukup nutrisi atau belum. Faktanya, dilansir dari laman Mayo Clinic prinsip dasar makanan sehat untuk Ibu hamil masih sama yakni buah, sayur, biji-bijian, protein, dan lemak sehat.

Memang  tidak ada formula khusus ya bu, namun ada beberapa nutrisi yang wajib Ibu ketahui dan pastikan cukup untuk kebutuhan Ibu yang sedang hamil.

Asam Folat, Mencegah Kecacatan

Asam folat sangat penting bagi perkembangan otak janin serta mencegah kecacatan pada saraf dan sumsum tulang belakang. Selain itu asam folat terbukti mengurangi resiko kelahiran prematur. Setidaknya Ibu hamil membutuhkan 400-1000 mikrogram asam folat per hari.  Asam folat banyak ditemukan pada sayuran hijau dan kacang-kacangan, dan buah jeruk.

Kalsium, Memperkuat Tulang

Ibu hamil dan bayi sangat membutuhkan asupan kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi. Selain itu kalsium juga berfungsi untuk memperlancar sistem peredaran darah, otot, dan saraf agar berjalan normal. Setidaknya 1000-1300 miligram kalsium dibutuhkan Ibu hamil  setiap harinya. Produk susu yang telah dipasteurisasi, brokoli, yoghurt, keju, bayam, sereal, salmon adalah beberapa contoh makanan yang tinggi kalsium.

Vitamin D, Meningkatkan Kekuatan Tulang

Hampir sama dengan kalsium, vitamin D membantu meningkatkan kekuatan tulang dan gigi bagi janin. Pada kondisi Ibu hamil dibutuhkan 600 IU vitamin D setiap harinya. Vitamin D banyak ditemukan pada susu, ikan, dan jus jeruk.

Protein, Meningkatkan Pertumbuhan

Fungsi protein adalah membantu proses pembentukan jaringan pada janin. Selain itu protein juga penting bagi kesehatan daya tahan Ibu agar tidak mudah sakit. Jumlah protein yang dibutuhkan Ibu hamil setiap harinya adalah 71 gram. Sumber protein terbaik  ada pada telur, unggas, susu, ikan.

Zat Besi, Mencegah Anemia

Zat besi berfungsi meningkatkan hemoglobin agar Ibu tidak mengalami anemia selama kehamilan. Selain memperlancar aliran oksigen dalam darah, zat besi juga membantu meningkatkan IQ pada janin. Bahaya dari defisiensi zat besi antara lain resiko kelahiran prematur, berat bayi rendah, dan depresi pasca persalinan. Zat besi yang dibutuhkan Ibu selama kehamilan adalah 27 miligram per hari. Sumber terbaik zat besi ada pada daging, biji-bijian, sereal, unggas dll.

Masih bingung bu? Apa yang harus Ibu konsumsi selama kehamilan ini. Berikut beberapa tips pilihan makanan yang dilansir dari laman Healthline yang wajib Ibu coba ya.

Produk susu,

Terutama yogurt, adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kebuthan protein dan kalsium.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber asam folat, serat, dan banyak nutrisi lainnya.

Ubi jalar

Mengandung beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A dan penting sekali bagi perkembangan sel pada janin.

Salmon

Selain sumber vitamin D, salmon mengandung asam lemak omega-3 esensial EPA dan DHA, yang penting untuk perkembangan otak dan mata pada janin.

Telur

Telur meningkatkan asupan nutrisi secara keseluruhan. Mengandung kolin, nutrisi penting untuk kesehatan dan perkembangan otak.

Brokoli

Kandungan serat yang tinggi dapat mencegah sembelit pada Ibu hamil.

Daging tanpa lemak

Sumber protein berkualitas tinggi yang baik. Daging sapi kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B, yang semuanya merupakan nutrisi penting selama kehamilan.

Buah beri

mengandung air, karbohidrat, vitamin C, serat, vitamin, antioksidan.

Biji-bijian

mengandung serat, kaya akan vitamin B, dan magnesium.

Alpukat

Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, serat, folat, dan potasium dalam jumlah tinggi yang dapat membantu meredakan kram kaki.

Buah kering

Sangat bermanfaat bagi Ibu hamil karena kecil dan padat nutrisi. Pastikan makan dengan porsi yang cukup untuk mencegah asupan gula berlebih.

Minum air putih

Penting karena volume darah Anda meningkat selama kehamilan. Minum air putih yang cukup  juga dapat membantu mencegah sembelit dan infeksi saluran kemih.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *